Upacara Syukuri Rejeki

Blagung- Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. kegiatan tahunan ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat yang diadakan di balai desa atau tempat yang sudah disepakati oleh warga desa.

Desa Blagung melaksanakan kegiatan sedekah bumi dalam setiap dukuh yang mana saat perayaan jatuhnya dengan waktu jawa yang berbeda namun untuk pesta rakyatnya sendiri digelar bersamaan dengan mengundang pentas kesenian wayang kulit. Kegiatan turun-temurun tersebut akan menyajikan hidangan yang dimasak dari iuran warga desa ini bersifat hidangan khusus sesajian seperti tumpeng dan ayam ingkung.

Tujuan dari acara tersebut adalah menghargai suatu kegiatan yang berurusan dengan sang pencipta itu dilakukan dengan penuh khidmat.

Berdoa bersama seluruh warga mempunyaitujuan sebagai rasa syukur dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk hasil bumi yang berlimpah selama masa panen tiba. Setelah acara doa besama maka dilanjutkan dengan memakan hidangan yang telah disajikan atau disebut “berkat” yang berarti makanan itumerupakan suatu rejeki yang patut di syukuri. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan begitu kental terasa di desa Blagung yang nantinya dengan sajian terakhir menikmati pertunjukan wayang kulit semalam suntuk.

Selain menjaga tradisi leluhur diharapkan sedekah bumi dapat menjadi cerminan bagi manusia khususnya warga desa Blagung, bahwa setiap yang kita lakukan dan dapatkan tak lebih merupakan pemberian dari sang ilahi yang harus disyukuri untuk saling berbagi.

Berita Terkini
Upacara Syukuri Rejeki
Selasa 17 Oktober 2017
Kegiatan Pembangunan Desa Blagung
Selasa 17 Oktober 2017