Gurihnya Unggulan
Kamis 18 Mei 2017

Blagung- Jika anda berkunjung ke obyek wisata Kali Cemara di desa Blagung, kec. Simo, sangatrugi jika pulang tanpa membawa buah tangan khas Desa Blagung. Salah satu buah tangan yang khas dari Desa Blagung adalah kerupuk lempeng. Kerupuk lempeng harus anda coba kegurihannya.

Kerupuk Lempeng terbuat dari gaplek atau tepung singkong ini memiliki citarasa khas singkong yang gurih dilidah anda. Bentuknya yang bulat, tipis dengan topping daun bawang membuat  para penikmatnya tidak bisa berhenti mengkonsumsi.

Dwi salah satu pengusaha kerupuk lempeng yang tinggal di dukuh Cilak RT 03 RW 01 Desa Blagung menjelaskan dalam sehari mampu memproduksi 10-15 kg kerupuk dan menghabiskan 30kg singkong sebagai bahan pokoknya. Soal harga anda tak perlu khawatir, sangat terjangkau karena penjualannya dihitung per bungkus dengan isi 5 pcs lempeng hanya 2.000. Kerupuk lempeng buatan Dwi mampu menampung pundi rupiah yang berkisar sampai 150.000 per harinya.

"Rasanya gurih tanpa pengawet, alami bumbunya jadi banyak yang minta dibuatin terus", jelas Tajab salah seorang perangkat desa Blagung dengan bangga,” ujarnya  (25/09/17).

Wanita paruh baya ini dengan bantuan ibunya memroduksi kerupuk lempeng mulai pukul satu siang hingga fajar sore tenggelam. Dwi memulai proses pembuatan dengan melakukan penggilingan singkong kemudian dicampur bumbu dan ditaburi daun bawang. Setelah itu dicetak dalam piring kecil untuk di ratakan pipih, tipis yang kemudian diangkat dan dijemur dalam waktu sehari. Setelah kering maka kerupuk mentah tersebut digoreng dan dijual ke pasar Simo keesokan harinya.

Dwi setiap kali berjualan sayur di pasar ia juga membawa kerupuk lempeng untuk dijual pada langganannya. Jualan kerupuk lempeng sendiri ia jadikan sebagai usaha sampingannya karena banyak dari pembeli sayurnya ketagihan dengan kerupuk lempeng buatan Dwi.

Jika anda berwisata Ke Kali Cemarajangan lupa untuk memesan kerupuk lempeng yang dapat kita nikmati sebagai camilan bersama keluarga atau orang terdekat dengan menghubungi 08537957590 atau langsung datang ke lokasi produksi.

Berita Terkini
Upacara Syukuri Rejeki
Selasa 17 Oktober 2017
Kegiatan Pembangunan Desa Blagung
Selasa 17 Oktober 2017