Pasar Desa Blagung Meningkatkan Ekonomi Usaha Mandiri
Selasa 17 Oktober 2017

Blagung– Perkembangan desa setelah berlakunya undang-undang Desa membuat desa berlomba-lomba membuat badan usaha milik desa.

Pasar Desa merupakan unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes dan berfungsi untuk memasarkan hasil bumi dan sandang pangan dari dan untuk warga desa sebagai sumber pendapatan bagi Pemerintahan Desa. Salah satunya di Desa Blagung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali dari tahun 2008 sudah memanfaatkan dua pasarnya, Pasar Poncowidodo dan Pasar Ngeplang sebagai tambahan pendapatan desa.

Pendapatan yang diperoleh dari sewa kios dan iuran kebersihan bertujuan untuk dikembalikan lagi ke warga desa dengan bentuk penataan dan perbaharuan pasar dari mulai akses jalan, kebersihan lingkungan dan kebutuhan para pengguna pasar.

Setiap paginya menjelang subuh, kedua pasar di desa Blagung selalu dipadati aktivitas para pedagang dengan hasil pertanian padi, ketela, singkong, kacang dan sayur mayur yang juga dilengkapi penjual pakaian, sembako dan peralatan rumah tangga. Tidak hanya warga lokal sekitar desa yang berjualan, dari luar daerah pun ikut mengais rezeki dengan berjualan dipasar ini.

Pasar Poncowidodo dan Pasar Ngeplang dibuka sesuai dengan hari dalam hitungan jawa, dimana pembagiannya sendiri pada Pasar Poncowidodo yang berlokasi dibelakang Balai Desa Blagung dibuka setiap neptu Wage dan Pahing, dan untuk Pasar Ngeplang yang berlokasi di dukuh Poncowidodo RT 28 RW 06 biasa dibuka setiap neptu Legi, Pon, dan Kliwon.

Kedua pasar menerapkan sistem sewa yang bervariasi sesuai dengan lokasi kios. Untuk pedagang yang berada di luar kios dikenakan biaya lima puluh ribu per tahun, sementara didalam kios dikenakan biaya tujuh puluh lima ribu per tahun dengan fasilitas MCK dan tempat parkir yang sudah disediakan dari desa.

Target kedepan pemerintah desa blagung sendiri mengupayakan pembangunan pasar dalam penambahan bangunan kios, karena dari kebutuhan pedagang khususnya di Pasar Ngeplang yang belum semuanya menempati kios.

Berita Terkini
Upacara Syukuri Rejeki
Selasa 17 Oktober 2017
Kegiatan Pembangunan Desa Blagung
Selasa 17 Oktober 2017