Reog Manunggal Budaya Yang Tak Boleh Mati
Selasa 17 Oktober 2017

Blagung- Siapa bilang reog cuma ada di Ponorogo? Di Desa Blagung, Kec. Simo Kab. Boyolali juga memliki sajian kesenian budaya yang khas akan tarian kuda lumpingnya. Reog yang berjuluk Manunggal Budaya yang sudah beraksi selama lebih dari setahun ini lebih ini sering mengikuti berbagai kegiatan desa.

Reog Manunggal Budoyo beranggotakan 30 orang dimana dari kalangan anak-anak hingga dewasa, laki-laki dan perempuan ikut menjadi bagian reog. Tidak ada syarat khusus dalam perekrutan anggota yang terpenting mempunyai jiwa seni dan bersedia mengorbankan sedikit waktunya utnuk latihan rutin seminggu sekali dan tampil diberbagai acara.

Reog Manunggal Budoyo memiliki tarian yang tak kalah menarik dari tarian reog pada umumnya. Kesenian ini juga dilengkapi dengan tabuhan gamelan yang menambah antusias bagi para penikmatnya. Kesenian ini juga memberikan aksi yang menghibur dan menegangkan.

Setiap kali tampil Reog Manunggal Budoyo mempunyai aturan waktu pentas dari sajian pertama, tarian Gunyang Ganyong dilanjutkan Warok. Setelah warok selesai ditampilkan maka Jaranan Putri dan Jaranan Kecil yang bertugas menghibur penonton.

Aksi yang paling ditunggu adalah jaranan putra yang dimainkan laki-laki dewasa dengan sangat heroik. Tak jarang dari mereka mengalami kesurupan sampai memakan genteng atau meminum bunga kembang. Pawang yang bertugas tentu siap siaga menyadarkan para pemain meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pemain yang kerasukan menjadi daya tarik tersendiri yang sudah jarang dapat dinikmati dilingkup perkotaan.

Bila anda ingin melihat penampilan Reog Manunggal Budaya jangan segan untuk datang ke Dukuh Poncowidodo RT 33 / 06 atau menghubungi 083127443488 bagi yang ingin mengudang reog khas Jaranan ini. Kesenian reog manunggal budaya berharap bisa menjadi bagian dari kegiataan melestarikan dan menjaga budaya kesenian leluhur yang tak lekang oleh zaman

Berita Terkini
Upacara Syukuri Rejeki
Selasa 17 Oktober 2017
Kegiatan Pembangunan Desa Blagung
Selasa 17 Oktober 2017