Demografi Penduduk

Perkembangan Kabupaten Boyolali dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan perubahan yang signifikan dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat Boyolali. Keberadaannya saat ini tentunya membuat bangga bagi seluruh warga Boyolali, sehingga tidak merasa malu jika ditanya asal atau domisili oleh orang lain.

Desa Blagung berjarak 5 kilometer dari pusat kecamatan, 35 kilometer dari pusat kabupaten serta 95 kilometer dari pusat pemerintah provinsi.

Desa Blagung yang memiliki luas 3.639,540 Ha. Desa Blagung tergolong datar dan memiliki kemiringan 8-10% dengan ketinggian 285 meter diatas permukaan air laut memiliki batas wilayah sebagai berikut:

Utara               : Desa Wates

Selatan           : Desa Teter

Timur              : Desa Sumber

Barat               : Desa Kedunglengkong

Topografi

Desa Blagung memiliki empat wilayah dusun dan tiga belas dukuh, dalam bentuk tabel berikut pembagian wilayah di Desa Blagung :

Kadus I

Kadus II

Kadus III

Kadus IV

Dukuh Plambong, Dukuh Blagung Barat. Dukuh Blagung Timur

Dukuh Cilak, Dukuh Krikilan, Dukuh Jetis, Dukuh Gebang

Dukuh Poncowidodo, Dukuh Bulurejo

Dukuh Tanjungsari, Dukuh Candran, Dukuh Begah, Dukuh Gondangrejo

Klimatologi

Desa Blagung dapat digolongkan sebagai wilayah dengan karakteristik lembab dengan curah hujan 2378 mm per tahun dan jumlah kering 5 bulan

Hidrologi

Desa Blagung dibagi menjadi dua yaitu air permukaan berupa sungai Nanas dan sungai Tempuran dan air tanah dengan debit air berkisar 20- 200 M3  dengan produksi 5 -  15 liter per detik

Jenis Tanah

Desa Blagung memiliki jenis tanah yang pada umumnya termasuk jenis tanah merah, jenis tanah ini cukup sesuai untuk kegiatan pertanian namun cukup labil sehingga mengakibatkan banyak jalan desa Blagung yang cepat rusak.

Berita Terkini
Upacara Syukuri Rejeki
Selasa 17 Oktober 2017
Kegiatan Pembangunan Desa Blagung
Selasa 17 Oktober 2017